Wisata Air Terjun di Kediri

Kediri itu tempat yang unik yakni ada dalam apitan dua pegunungan gunung besar di sisi timur dan barat. Yakni gunung wilis dan gunung kelud. Ditengah-tengah Kediri ada sungai yang membentang dengan nama sungai brantas.

Dengan kondisi topografi apitan gunung besar ini maka tidak heran di Kediri muncul banyak air terjun yang layak untuk dijadikan tempat wisata. Wisata Kediri berupa air terjun yang paling populer adalah Irenggolo yang ada di lereng gunung wilis atau bagian paling barat dari Kediri.

Wisata air terjun irenggolo di Kediri ini sangat menarik untuk dikunjungi. Letaknya ada di pegunungan dengan udara yang sejuk dan suasana alam yang asri. Bila anda mengunjungi wisata air terjun irenggolo di Kediri maka akan menemukan banyak tanaman pinus di sisi jalan. Ada juga bermacam-macam burung alam yang ada di kawasan ini seperti burung jalak, cucak ijo maupun pentet.

Untuk menuju wisata kediri berupa air terjun, maka pengunjung harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer menuju arah barat dari Kota Kediri. Jalan menuju wisata irenggolo di Kediri sudah sangat baik mulus dan lebar. Meskipun demikian jalannya sedikit demi sedikit menanjak hingga menuju lokasi wisata air terjun yang dituju.

Sesampainya di lokasi wisata air terjun irenggolo, maka pengunjung akan disuguhi pemandangan indah air terjun bertingkat tujuh dari atas sampai ke bawah. Airnya jernih dengan hembusan angin yang sepoi sehingga menghaburkan embun ke muka pengunjung. Namun sebelum sampai ke lokasi wisata air terjun irenggolo di Kediri ini, pengunjung harus berjalan kaki dulu sejauh kira-kira 500 meter. Jangan khawatir akan lelah sebab begitu sampai di lokasi wisata air terjun tercantik di Kediri ini maka semua rasa lelah akan terbayar lunas.

Di lokasi wisata kebanggaan kediri ini anda juga dapat menemukan makanan dan minuman khas daerah setempat. Yakni nasi jagung goreng dan minuman jahe hangat khas Kediri. Kuliner andalan tempat wisata ini dikenal gurih dan lezat dengan harga yang wajar. Pihak Pemerintah Kabupaten Kediri yang mengelola kawasan wisata irenggolo ini mematok tarif masuk kawasan wisata sebesar 8 ribu rupiah tiap orang. Harga tersebut pasti masih sangat terjangkau bagi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *