Apa itu Anime?

 

Anime adalah singkatan dari animation yang dibuat oleh jepang. Istilah anime identik dengan animasi jepang atau biasa kita sebut kartun. Anime sendiri mulai berkembang pada awal abad ke-20, ya sekitar tahun 1990-an. Anime tidak harus serial TV, istilah anime juga digunakan untuk film, video games, gambar, dan lain-lain yang penting ditujukan untuk animasi buatan jepang.

Adapun sejarah anime di Jepang diawali oleh Shimokawa Bokoten, KItayama Seitaro, dan Koichi Junchi, mereka mencoba-coba membuat animasi pada tahun 1913, namun animasi nya tidak cukup berkembang hingga akhirnya Oten Shimokawa membuat animasi lagi, dan itu merupakan anime pertama pada tahun 1917 dengan judul Genkanban no Maki.

Setelah itu, pada tahun 1960-an, anime berjudul Astro Boy diperkenalkan, kepopuleran Astro-Boy menjadi pelopor terkenalnya anime Jepang. Astro Boy merupakan karya Osamu tezuka Production Animation pada tahun 1962. Setelah Astro Boy, Jepang mulai memproduksi animasi lagi, kali ini dimunculkan dalam bentuk film dan bahkan serial televisinya pun dibuat beberapa sekuel. Hingga tahun 1980-an, Jepang terus memproduksi anime barunya dengan jenis-jenis yang baru pula, semakin canggihnya teknologi tentunya memudahkan Jepang untuk semakin berkreasi, pada tahun 80-an jepang mulai memperkenalkan OVA atau Original Video Animated yang tidak ditayangkan di tv komersil, namun langsung dijual pada konsumen, salah satu judul anime terkenalnya adalah Hotaru no Haka.

Perkembangan anime di Indonesia sendiri mulai masuk sekitar tahun 1980-an, stasiun televisi komersial mulai memperkenalkan serial tv anime dengan target anak kecil sebagai penontonnya, misalnya anime Saint Seiya, Magic Girls, Gundam, Doraemon, Salor Moon, Crayon Shinchan, Pokemon, One Piece, Hunter x Hunter, Hamtaro, Bleach, Inuyasha, Detective Conan, dan masih banyak lagi hingga sekarang.

Hingga saat ini, kepopuleran anime tidak hanya di Jepang saja, bahkan negara-negara lain pun banyak yang menggemari anime. Hal itu dibuktikan dari produksi anime Jepang yang tidak pernah berhenti hingga sekarang. Banyaknya forum-forum online mengenai nonton animeindo juga termasuk salah satu bukti kepopuleran anime Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *