Apa itu Kamera DSLR ?

Kamera DSLR – Kamera merupakan perkembangan dunia dalam dunia fotografi salah satunya adalah kamera DSLR. Kamera DSLR dipengaruhi oleh perkembangan teknologi video tape recorder (TVR). Untuk para pecinta fotografi maka tak akan asing dengan istilah DSLR atau SLR teknologi kamera digital yang mengembangkan sistem cermin otomatis dan cermin segi lima sebagai alat meneruskan cahaya dari lensa ke viewfinder. menurut sewa kamera dslr jogja, mengenal sejarah memungkinkan seseorang mengukur sejauh mana teknologi dipengaruhi fotografi. Pada tahun 1951 banyak orang lebih mengenal VTR sebagai perekam gambar televisi yang paling modern. Dari teknologi inilah produsen mulai mengembangkan teknologi digital dengan cara mengonversi informasi yang direkam VTR menjadi teknologi digital. Berbagai produsen berlomba-lomba menyempurnakan teknologi kamera DSLR.

Untuk menghasilkan gambar yang berkualitas penggunaan kamera memiliki beberapa seni, seorang fotografer harus menguasai paling tidak beberapa teknik dasar yakni komposisi objek yang baik, pencahayaan yang seimbang dan fokus yang tajam. Untuk melatih itu semua perlu dilakukan sesering mungkin supaya kemampuan terasah apalagi terkait dengan komposisi yang cukup sulit jika dikuasai tanpa latihan. Komposisi yang dimaksud bukan saja pemilihan objek yang bagus namun juga harus melihat angle dan sudut pandang yang baik sebagai fotografer harus mampu menemukan titik yang terbaik. Untuk pengambilan gambar bisa dilakukan kapan saja siang atau malam dengan mempertimbangkan pencahayaan, kondisi tempat pemotretan. Pada kamera yang digunakan juga memiliki karakteristik masing-masing, maka sangat penting untuk seorang fotografer menguasai spesifikasi kamera yang dimiliki.

Menurut sewa kamera Jogja, jenis-jenis kamera DSLR yang perlu diketahui yakni ada Kamera DSLR Canon EOS 650D kamera ini merupakan kelanjutan dari Canon tipe 600D, Canon tipe ini terintegrasi dengan sensor CMOS Hybrid yang sangat berguna untuk memadukan fungsi fase deteksi dan fungsi kontras autofokus, keunggulan fitur ini juga sangat terasa pada saat fotografer menggunakan 650D untuk proses perekaman video. Lalu ada Nikon tipe D70 kamera terbaik dengan harga terjangkau ini menjadikan Nikon D70 sebagai buruan para fotografer pemula. Kemampuan Nikon tipe 600D ini mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman dari segi resolusi dan menjadikan gambar semakin berkualitas. Kamera Canon ES 60D merupakan kamera digital berwarna hitam sudah menggunakan sensor CMOS beresolusi 18 megapiksel APS-C sehingga membuat hasil gambar dari kamera terlihat sangat jelas dan tajam. Kamera EOS 6D kamera ini adalah kamera yang tergolong bagus kamera ini memiliki full frame dengan bobot yang sangat ringan.

Kelebihan kamera DSLR, Keuntungan yang sangat dirasakan untuk pengguna DSLR adalah fleksibel untuk pertukaran berbagai jenis lensa. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik ketika menggunakan kamera digital single-lens refleks. Bila dibandingkan dengan kamera digital DSLR akan lebih baik menghasilkan gambar meski memiliki jumlah megapiksel yang sama, pasalnya DSLR memiliki kepekatan cahaya yang lebih tinggi. DSLR juga memiliki kinerja lebih baik dalam hal autofocus cepat, penundaan rana yang lebih pendek dan kapasitas memori yang lebih besar dengan respons lebih cepat. DSLR juga dapat digunakan bertahun-tahun tanpa harus takut ketinggalan jaman karena DSLR dapat dengan mudah diupgrade. Banyak aksesori yang tersedia untuk upgrade. Aksesori kilatan juga dapat diandalkan dan mudah dioprasikan, pemancar nirkabel dan perangkat remote untuk memicu pengambilan ekspedisi fotografi ke tingkat yang berbeda.

Namun dibalik kelebihan kamera DSLR ada beberapa kekurangan yang dimiliki kamera DSLR ini  beberapa kekurangan yang sering dirasakan pengguna adalah harga yang relatif mahal. Untuk penambahan aksesori juga perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Ukuran DSLR lebih besar dan bobot yang lebih berat dibandingkan dengan kamera lainnya. Untuk seseorang yang baru terjun didalam dunia fotografi akan merasa kesulitan untuk mengoprasikan DSLR secara langsung, pengguna harus sering berlatih menggunakan kamera DSLR secara langsung. Kekurangan DSLR untuk pengambilan video kualitas audionya yang kurang. DSLR memiliki mic internal namun hasil yang kurang memuaskan apalagi jika suara yang direkam berada dalam posisi yang jauh. Durasi untuk perekaman video DSLR umumnya hanya berdurasi dibawah 20 menit per clipnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *