Pengertian Obat Tetracycline dan Efek Sampingnya

Obat Tetracycline
Obat Tetracycline

Tetracycline yaitu grup obat antibiotik. Obat ini berperan untuk menyembuhkan infeksi yang dikarenakan oleh bakteri dengan hentikan perkembangan bakteri. Obat ini akan tidak berperan untuk menangani infeksi yang dikarenakan oleh virus, seperti flu serta pilek.

Tetracycline umumnya diberi untuk menangani sebagian keadaan seperti berikut ini :

Infeksi saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan bawah serta pneumonia yang dikarenakan oleh Streptococcus pneumonia, Haemophilus influenza, Klebsiella pneumonia serta organisme yang lain.

Infeksi saluran kemih. Dikarenakan oleh infeksi bakteri spesies Klebsiella. Escherichia coli, Streptococcus faecalis, serta bakteri yang lain.
Penyakit menyebar seksual seperti sifilis serta chlamydia (klamidia).

Infeksi kulit. Termasuk juga salah satunya yang mengakibatkan jerawat serta rosasea. Rosasea yaitu penyakit yang merubah muka dengan beberapa gejala seperti bintik-bintik, kista pada kulit, muka memerah, serta pembuluh darah semakin tampak.

Mengenai Tetracycline
Golongan Antibiotik
Kategori Obat resep
manfaat
Menangani infeksi karna bakteri spesifik.
Menyembuhkan jerawat.
Menyembuhkan rosasea.
Dikonsumsi oleh Dewasa serta anak-anak diatas umur 12 tahun
Bentuk obat Tablet
Peringatan :

Untuk wanita hamil atau tengah berencana kehamilan atau menyusui, janganlah konsumsi obat ini. Obat ini tidak bisa diberi pada anak dibawah umur 12 th..

Pil KB mungkin saja akan tidak berperan dengan baik jika dikonsumsi bersamaan dengan tetracycline.

Berharap waspada dalam konsumsi obat ini untuk pasien masalah ginjal serta hati, penyakit lupus, myasthenia gravis (kekurangan otot), porphyria, diabetes, serta pada seorang lansia.
Dalam dua jam sebelumnya atau setelah konsumsi tetracycline, janganlah konsumsi multivitamin, suplemen yang memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, zinc, obat laksatif serta antasida.

Bila berlangsung reaksi alergi atau overdosis, selekasnya jumpai dokter.

Dosis Tetracyline

Dosis umum konsumsi tetracycline yaitu 250-500 mg tiap-tiap enam jam sekali dalam periode waktu 10-15 hari. Untuk keadaan yang beresiko, kadang-kadang dosis mengkonsumsi tetracycline dapat dilanjutkan sepanjang 30 hari.

Konsumsi Tetracyline dengan Benar

Yakinkan untuk membaca panduan pada paket obat serta ikuti saran dokter dalam konsumsi tetracycline. Janganlah memberikan atau kurangi dosis tanpa ada izin dokter.

Obat ini baik dikonsumsi waktu perut kosong, dianjurkan dikonsumsi satu jam sebelumnya makan atau dua jam sesudah makan. Minum obat ini dengan adanya banyak air, serta yakinkan Kamu duduk tegak atau berdiri waktu meminumnya. Janganlah berbaring sepanjang 10 menit sesudah konsumsi obat ini.

Mengkonsumsi obat ini sesuai sama dosis yang sudah didapatkan dari dokter. Bila Kamu kurangi atau menaikkan dosis antibiotik dapat turunkan peranan dari obat ini. Janganlah berhenti konsumsi obat apotik ini walau tanda telah menghilang, karna bakteri bisa tumbuh kembali.

Bila Kamu konsumsi pil KB, pakai kondom juga sepanjang konsumsi tetracycline untuk menghindar kehamilan karna dampak pil KB mungkin saja terganggu oleh tetracycline.

Obat ini bisa mengakibatkan kulit Kamu peka pada cahaya matahari, dapat buat kulit alami ruam, gatal-gatal, kemerahan atau pergantian warna karna terbakar matahari. Yakinkan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan perlindungan tinggi (SPF 15 atau lebih tinggi), atau menggunakan baju pelindung seperti pakaian lengan panjang, topi, serta kacamata.

Untuk pasien yang lupa konsumsi tetracycline, dianjurkan untuk selekasnya mengkonsumsinya demikian teringat bila jadwal dosis selanjutnya tidaklah terlalu dekat. Janganlah melipat-gandakan dosis tetracycline pada jadwal selanjutnya untuk ganti dosis yang lewatkan.

Efek Samping serta Bahaya Tetracycline

Reaksi orang pada satu obat tidak sama. Sebagian resikonya yang dapat berlangsung karena tetracycline yaitu :

  • Mual serta muntah.
  • Kehilangan selera makan.
  • Sakit kepala.
  • Berasa sakit perut.
  • Alami diare.
  • Timbulnya infeksi jamur yang mengakibatkan gatal-gatal pada mulut atau vagina.
  • Sakit atau iritasi tenggorokan.
  • Bila resikonya yang berlangsung lalu berkelanjutan, mengganggu kesibukan, atau Kamu alami reaksi alergi, selekasnya jumpai dokter atau datangi rumah sakit paling dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *