Tips Efektif Mengatasi Kulit Berminyak

Meskipun minyak pada kulit kita membantu melindunginya dan melawan tanda-tanda penuaan, banyak orang menderita kelebihan minyak. Kita sering membayangkan remaja memiliki masalah ini, tapi bisa mempengaruhi orang dari segala usia dan menyebabkan cacat, jerawat, dan masalah lainnya. Ada berbagai perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah dan di bawah pengawasan dokter untuk membantu melawan kelebihan minyak di wajah Anda.

kulit berminyak treatment
Gunakan pembersih wajah lembut dua kali sehari. Kebanyakan dermatologists setuju bahwa membersihkan kulit adalah cara terbaik untuk mengurangi minyak. Pastikan untuk menggunakan cleanser yang lembut, pH seimbang daripada sabun biasa. Sebagian besar sabun sangat basa dan strip mantel asam alami dari kulit meninggalkannya rentan terhadap bakteri.

Gunakan toner bebas alkohol atau aseton. Tempatkan beberapa tetes pada kapas yang bersih dan alami dan bersihkan perlahan di atas area yang terkena. Toner bisa menjadi kasar pada kulit, jadi dermatolog sering merekomendasikan hanya menggunakannya pada bagian wajah Anda yang berminyak daripada keseluruhan wajah.

Melembabkan kulit Anda. Meskipun kelihatannya kontraproduktif, minyak dan kelembaban ada dua hal yang berbeda. Bahkan kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi dan membutuhkan pelembab agar tetap sehat. Pastikan menggunakan pelembab bebas minyak.

Gunakan kertas blotting. Ini adalah solusi cepat dan efektif untuk menyerap kelebihan minyak. Mereka tidak akan mengurangi produksi minyak kulit Anda, jadi perawatan ini harus dipasangkan dengan rejimen pembersihan untuk hasil terbaik.

Gunakan masker tanah liat. Masker membantu mengeluarkan kotoran dan minyak, menjaga kebersihan pori-pori. Produk ini juga bisa mengeringkan kulit, jadi pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Seminggu sekali harus penggunaan maksimal.

Oleskan dasar makeup bedak mineral bebas minyak untuk siang hari. Gunakan bedak tabur daripada cream blush, bedak eye shadow daripada cream eye shadow. Serbuk bubuk tembus pandang bisa dioleskan dua atau tiga kali di siang hari setelah menebal wajah dengan tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak. Anda disarankan untuk memilih bedak tabur khusus untuk kulit berminyak.

Peringatan:

  • Jangan mencoba mengeluarkan semua minyak dari wajah Anda. Minyak itu ada untuk melindungi kulit. Mengupas semuanya bisa merusak kulit Anda dan bahkan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.
  • Pastikan Anda menyelidiki produk atau perawatan sebelum meletakkannya di wajah Anda. Kulit setiap orang berbeda, dan apa yang bekerja untuk seseorang bisa mengganggu orang lain.
  • Ikuti petunjuk perawatan topikal dengan hati-hati. Banyak produk yang efektif dalam dosis yang tepat, namun berbahaya jika diaplikasikan terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *