Beberapa Contoh Alat Elektromedik di Rumah Sakit Atau Klinik

Contoh Alat Elektromedik di Rumah Sakit dan Klinik sangat banyak sekali. Hampir semua rumah sakit dan klinik tidak terkecuali puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama juga mempunyai alat elektromedik. Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang alat elektromedik ? Jangan kemana – mana dan silahkan lanjutkan membaca.

Pengertian Alat Elektromedik

contoh alat elektromedik

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan alat Elektromedik ? Yaitu sebuah alat kesehatan yang mengandung unsur listrik. Baik cara kerja, prinsip kerja dan juga segala macam yang menyangkut alat tersebut berhubungan dengan arus listrik. Tidak afdol ketika kita mejelaskan sesuatu tanpa memberikan contohnya. Yuk sekarang langsung saja kita lihat beberapa contohnya.

Contoh Alat Elektromedik

Berikut beberapa contoh alat kesehatan yang tergolong sebagai alat Elektromedik

1. EKG

EKG (Elektrokardiograf) merupakan salah satu alat medis yang termasuk dalam alat elektromedik. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau ini adalah alat yang berhubungan dengan elektronik. EKG ini berfungsi untuk merekam aktivitas otot jantung dengan tujuan menganalisa ada atau tidak kelainan jantung khususnya pada aritma yang tidak normal. Harga mesin EKG sangat bervariasi, dan jenisnya juga. Ada EKG portable yang bisa anda gunakan dan sambungkan dengan perangkat HP anda.

2. Defibrillator

Tahukah anda apa itu Defibrillator ? Sebuah alat pacu jantung yang berfungsi untuk mengembalikan kerja jantung pada saat mengalami henti jantung atau dalam keadan yang tidak normal yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti tenggelam, kecelakaan, shock, serangan jantung dan lain sebagainya. Ada dua jenis defibrillator yaitu defibrillator manual dan defibrillator otomatis (AED).

3. Electrosurgery (ESU)

Kalau anda pernah menjalani operasi mungkin sebelum anda tidak sadarkan diri dapat melihat alat ini. Alat inilah yang digunakan untuk membedah bagian tubuh anda. Seperti pisau namun dengan kekuatan gelemobang elekromegnetik dengna frekuensi tertentu. Keunggulan menggunakan alat ini adalah tidak terlalu menimbulkan banyak darah yang keluar.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang alat – alat kesehatan dari jenis alat Elektromedik yang ada di rumah sakit dan klinik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *