Executive Search: Cara Paling Tidak Efisien Dalam Mencari Pekerjaan Baru

executive search

Berikut ini adalah cara yang paling tidak efisien dalam mencari pekerjaan baru atau lowongan kerja.

1. Iklan lowongan kerja di internet
Riset telah memperlihatkan bahwa untuk setiap 100 pencari kerja yang merespon iklan loker di internet, hanya 4 yang akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan. Kabar baiknya adalah, jika Anda sedang mencari lowongan kerjad di bidang IT, Finance atau yang berhubungan dengan teknis, maka angkanya agak naik menjadi 10 orang. Tetap saja, angka tersebut masih tergolong kecil.

2. Mengirim CV ke perusahaan-perusahaan secara acak melalui internet
Menggunakan metode ini hanya 7 dari 100 pencari kerja yang akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan baru. Kabarnya, ada sebanyak 40 juta cv yang bertebaran di internet.

3. Mengirimkan aplikasi pekerjaan yang diiklankan di journal bisnis
Sayangnya, metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang sama dengan metode sebelumnya, yakni hanya 7 dari 100 orang yang akhirnya mendapatkan pekerjaan.

executive search consultant

4. Mencari loker di iklan baris media cetak
Cara ini lebih ampuh dibanding metode-metode sebelumnya. Mencari pekerjaan di koran-koran mampu memberikan antara 5 – 24 orang dari 100 yang berhasil diterima kerja.

5. Menggunakan executive search consultant atau agen rekrutmen
Nah, ini yang mengejutkan, antara 5 hingga 28 dari 100 pencari kerja yang sukses mendapatkan pekerjaan dengan metode ini.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa faktor umur tidak dimasukan dalam hasil riset di atas. Akan tetapi, jika Anda berumur di bawah 35 tahun, kemungkinan Anda untuk diterima kerja melalui kenalan (network) Anda sendiri sebesar 80% ketimbang menggunakan jasa konsultan rekrutmen.

Dengan demikian, cara paling ampuh untuk memperbesar kemungkinan Anda supaya bisa mendapatkan pekerjaan baru adalah dengan menggunakan semua metode di atas. Sumber: Potentiahr Executive Search

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *