Faktor Penting Pembukuan Berikut Ini Harus Anda Pahami Baik-Baik

Faktor Penting Pembukuan Berikut Ini Harus Anda Pahami Baik-Baik

Selain strategi pemasaran, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan bisnis maju dan berkembang yaitu pembukuan yang baik dan benar. Ya, book-keeping ini dianggap memiliki peran yang besar bagi keberhasilan suatu usaha.

Book-keeping merupakan proses mencatat semua transaksi yang terjadi di dalam suatu perusahan dalam periode tertentu. Pencatatan yang dimaksud adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap harinya.

Dalam mencatat setiap transaksi tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu adanya akun-akun yang memisahkan antara satu transaksi dengan transaksi lainnya agar semuanya terlihat jelas. Jika semua transaksi dijadikan satu, maka data keuangan yang dihasilkan tidak beraturan dan sulit untuk dipahami.
Berikut adalah faktor penting pembukuan bagi suatu bisnis yang harus Anda pahami baik-baik agar tidak sembarangan dalam menyusun book-keeping.

Faktor Penting Pembukuan Berikut Ini Harus Anda Pahami Baik-Baik
Faktor Penting Pembukuan Berikut Ini Harus Anda Pahami Baik-Baik
  1. Mengetahui perkembangan bisnis
    Dengan adanya pembukuan, Anda dapat memantau dengan jelas perkembangan bisnis setiap periode bahkan setiap harinya.

    Apalagi jika sistem book-keepingnya disertai dengan adanya grafik, Anda menjadi semakin mudah untuk mengetahui perkembangan usaha dari waktu ke waktu.

    Perkembangan usaha memang harus dipantau secara rutin untuk mengetahui bisnis yang Anda jalankan mengalami keuntungan atau menderita kerugian.

    Jika mengalami untung, maka akan dilakukan kebijakan-kebijakan untuk mempertahankan bisnis dan mengembangkannya supaya keuntungan yang didapatkan lebih besar lagi.

    Namun, jika mengalami kerugian maka dapat diantisipasi secara cepat dengan mencari faktor-faktor yang menyebabkan bisnis mengalami kerugian dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan bisnis agar tidak mati dan mengalami kebangkrutan.

  2. Mengontrol biaya yang dikeluarkan perusahaan
    Perusahaan tidak akan mengeluarkan uang untuk membeli keperluan-keperluan yang sekiranya kurang bermanfaat bagi perusahaan. Dengan mencatat berapa sisa modal yang ada saat ini, menjadikan Anda lebih berhati-hati dalam membeli barang agar usaha tidak mengalami kekurangan modal.
  3. Mengetahui jumlah hutang dan piutang
    Semua transaksi dipisahkan dalam beberapa akun yang akan memudahkan Anda untuk melihat berapa jumlah hutang yang wajib dibayarkan oleh perusahaan dan kapan tanggal jatuh temponya tiba. Tidak hanya itu saja, piutang dari pelanggan pun tercatat secara rapi dan jelas, sehingga Anda tidak canggung lagi untuk menagih piutang kepada pelanggan jika sudah jatuh tempo.

    Sistem dengan aplikasi pembukuan yang jelas akan membuat bisnis Anda lebih rapi dan terkontrol karena semuanya telah tercatat dengan baik. Jadi, masih meremehkan pentingnya book-keeping?

  4. Menghitung kekayaan
    Semua harta perusahaan dapat dihitung dengan rinci melalui book-keeping ini. Jadi, jika suatu saat Anda membutuhkan data mengenai jumlah kekayaan perusahaan tidak perlu lagi menghitungnya dari awal, karena dalam book-keeping sudah tertera secara jelas. Pastikan juga untuk meng-up date book-keeping ini secara berkala, mengingat jumlah kekayaan perusahaan dapat berubah setiap saat
  5. Meminimalisir kehilangan barang / uang / asset
    Semua barang, uang, dan asset perusahaan telah tercatat dengan rapi di dalam book-keeping, jadi resiko kehilangan dapat diminimalisir.
  6. Mengetahui besar pajak yang dibayarkan
    Selain berguna untuk memajukan perusahaan, book-keeping juga berguna untuk memperhitungkan besar pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Pastikan bahwa perhitungan data keuangan benar agar pajak yang dibayarkan juga sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Bagaimana, sudah paham mengapa pembukuan penting di dalam suatu bisnis? Tidak mempunyai ilmu akuntansi jangan dijadikan alasan untuk tidak membuat book-keeping untuk bisnis Anda, karena hal tersebut dapat dipelajari.

Lengkapi sistem book-keeping Anda dengan menggunakan Sleekr Accounting. Semua data keuangan tersaji secara rapi dan akurat dengan software canggih ini. Tertarik mencobanya? Silahkan buka situs https://sleekr.co/accounting/ untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *