CPU AMD Ryzen Threadripper 1900X Diluncurkan seharga $ 549

Kembali pada bulan Juli, AMD mengonfirmasi adanya anggota ketiga dari jajaran prosesor Ryzen Threadripper dan sekarang, perusahaan tersebut secara resmi meluncurkan prosesor Ryzen Threadripper 1900X dengan harga $ 549 (sekitar Rs 37.330). Ini saat ini merupakan CPU paling murah di jajaran Threadripper, yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi para penggemar belanja dengan budget.

The Ryzen Threadripper 1900X memiliki 8 core dan 16 thread, bergabung dengan 12-core dan 16-core Threadripper 1920X dan 1950X. Ini memiliki kecepatan clock dasar 3.8GHz, clock boost 4.0GHz dan batas XFR 4.2GHz. CPU menggunakan platform X399 yang sama dengan saudara kandungnya yang lebih besar, yang membedakannya dari keluarga Ryzen 7 okta-core karena akan dapat bekerja dengan 64 jalur PCIe lengkap, dan memiliki plafon termal 180W untuk overclocking.

AMD membidik Threadripper pada pencipta konten, gamer dan overclocker yang menginginkan performa terbaik tanpa menghabiskan terlalu banyak. CPU ini secara fisik jauh lebih besar daripada yang mainstream, dan menggunakan soket yang berbeda yang disebut TR4 dan disertifikasi VR-ready. Mereka mendukung RAM DDR4 quad-channel dan menampilkan 64 jalur bandwidth PCIe untuk komponen berkecepatan tinggi seperti kartu grafis dan array SSD.

Karena arsitektur Zen umum terjadi antara keluarga produk Ryzen, CPU Threadripper didasarkan pada interkoneksi Infinity Fabric yang sama antara cluster internal yang disebut Core Complexes, dan memiliki manfaat yang sama seperti XFR yang meningkatkan kecepatan di luar batas pengenal saat kondisi termal memungkinkannya, dan SenseMI yang menyesuaikan parameter operasi secara dinamis dengan menggunakan ratusan sensor tersemat.

Peluncuran AMD Ryzen 7 awal tahun ini berlangsung cukup banyak tanpa hambatan. Banyak yang mengendarainya, mengingat sebelum ini, AMD tidak berhasil mengeluarkan CPU yang layak mendapat kegembiraan dalam hampir satu dekade. Keluarga Ryzen 7 menargetkan pembeli yang relatif high-end, dan kami berjanji bahwa baris Ryzen 5 dan Ryzen 3, dengan core lebih sedikit dan kecepatan yang lebih rendah, akan mengikuti pada waktunya. Sejauh ini, perusahaan telah memenuhi semua janjinya, dan sekarang kami memiliki sebuah CPU Ryzen 5 1600X untuk diperiksa.

Triple T Dr Azlan

Ini adalah harga paling kuat dan paling tinggi dari empat model Ryzen 5 yang ada saat ini. Dengan hati-hati dikalibrasi untuk menggunakan CPU Intel Core i5, memukul mereka di titik lemah terbesar mereka. Target pemirsa adalah pengguna mainstream dan peminat yang menginginkan semuanya, namun tetap melihat manfaat menyimpan uang di tempat yang mereka bisa. Kita akan melihat bagaimana tumpukan itu melawan Ryzen 7 1800X yang hebat yang kami uji pada waktu peluncuran, dan apakah Intel harus khawatir kehilangan pegangannya pada segmen pasar yang sangat penting ini.

Spesifikasi dan fitur AMD Ryzen 5 1600X
Rangkaian Ryzen 5 didasarkan pada arsitektur Zen yang sama dengan model Ryzen 7, dan kami memiliki panduan lengkap untuk semua teknologi dasar dan platform AM4 yang bisa Anda baca. Singkatnya, Zen adalah desain baru yang menargetkan kekuatan dan efisiensi, dan meningkatkan kinerja 52 persen yang menakjubkan dibandingkan dengan penawaran sebelumnya. AMD sangat pandai dengan pilihan disainnya, terutama penggunaan interkoneksi terukur yang disebut Infinity Fabric dan kompleks inti modular yang memungkinkan model Ryzen dengan jumlah core yang berbeda untuk diproduksi dengan mudah.

Semua chip Ryzen 7 dan Ryzen 5 memiliki dua kompleks inti, dengan empat inti fisik masing-masing mampu mengeksekusi dua benang sekaligus. Model Ryzen 7 memiliki delapan core kerja, sedangkan model Ryzen 5 memiliki empat atau enam, dan sisanya dinonaktifkan. Ini adalah praktik standar industri yang disebut Binning, dan ini memungkinkan AMD mengirimkan prosesor yang mungkin memiliki cacat kecil di area tertentu, atau hanya menonaktifkan logika berfungsi untuk memenuhi permintaan pasar pada titik harga tertentu. Enam inti Ryzen 5 1600X memiliki tiga inti aktif per kompleks, dan model quad-core masing-masing memiliki dua, bukan satu kompleks dengan empat inti aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *