Membeli Rumah Sendiri Lebih Baik Daripada Tinggal Dengan Mertua

menabung untuk rumah impian

Bagi Anda pasangan muda yang memutuskan untuk tinggal dengan mertua, Anda perlu mempertimbangkan ulang ide Anda. Mungkin dengan tinggal bersama mertua, Anda akan bisa menghemat uang sebab Anda tidak mampu membeli rumah sendiri. Tapi jika Anda terus memiliki mindset seperti itu, maka selamanya mungkin Anda tidak akan punya rumah sendiri.

menabung untuk rumah impian

Padahal dengan tinggal di rumah sendiri, Anda bebas melakukan apapun yang Anda mau. Anda pun bisa menetapkan aturan-aturan sendiri tanpa harus khawatir mertua tidak setuju. Anda juga tidak usah tidak enak hati untuk melakukan sesuatu karena harus menjaga sikap dihadapan mertua. Dengan tinggal di rumah sendiri sebenarnya pengeluaran Anda akan lebih hemat, sebab Anda tidak perlu membeli sesuatu secara double lagi. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari ‘sindiran’ mertua manakala Anda melakukan kesalahan kecil.  Wajar saja, itu kan rumah Anda? Home sweet home, begitu orang barat menyebutnya.

Apakah Anda tinggal dengan mertua karena tidak memiliki uang untuk membeli rumah? Jangan khawatir, menurut perencana keuangan Ligwina Hananto (40), jika Anda tidak memiliki uang cash dalam jumlah banyak, Anda bisa mengupayakannya dengan menabung atau bisa dengan kredit. Perlu Anda ketahui, menabung untuk membeli rumah tidaklah mahal. Hanya memerlukan waktu paling lama dua tahun saja untuk menabung uang mukanya.

Pertama Anda harus menetapkan hati untuk menabung uang muka. Anda bisa menabung uang muka sebanyak 30% dari gaji Anda. Untuk mempersingkat waktu pelunasan uang muka, Anda bisa menambahkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) ataupun uang bonus Anda. Tambahkan pula penghasilan tambahan kerja paruh waktu atau penghasilan sampingan seperti berjualan makanan atau membuka toko. Selain uang muka, biaya-biaya lain juga perlu kamu perhitungkan seperti biaya pajak, biaya admnistrasi hingga biaya pengikatan kredit.

Tinggal bersama orang tua ataupun mertua sementara memang tidak masalah, selama Anda berusaha mempersiapkan rumah Anda sendiri. Sebab tinggal serumah dengan mertua tidak selamanya indah. Bukankah akan lebih menyenangkan jika Anda memiliki hunian sendiri?

Ingin mempunyai hunian asri di kota Surabaya atau Balikpapan? Silahkan hubungi kami, pengembang perumahan terpercaya, Griyakuindahselaras.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *