Cara Memilih Kolam Renang yang Aman untuk Bayi

Terkecuali mengasyikkan, berenang adalah aktivitas yang berguna untuk si Kecil. Menurut riset, bayi yang diajari berenang mempunyai keseimbangan badan serta daya memegang tambah baik. Tetapi, ada banyak hal yang butuh Anda cermati waktu membawa Si Kecil ke kolam renang bayi.

Pada intinya, bayi telah mulai dapat di ajak berenang mulai sejak dia lahir. Anda juga tidaklah perlu menanti sampai dia diimunisasi untuk mengajaknya berenang. Meskipun demikian, saat paling baik mengajak Si Kecil ke kolam renang yakni waktu dia berumur 6 bulan ke atas.

Cara Memilih Kolam Renang yang Aman untuk Bayi

Tersebut persyaratan kolam renang yang direferensikan untuk bayi Anda :

  1. Untuk bayi berumur 6 bulan ke bawah, yakinkan Anda tidak membawanya ke kolam renang umum untuk semuanya umur. Argumennya, air pada kolam renang umum sangat dingin untuk bayi umur itu. Bayi di umur itu cuma bisa berenang di kolam renang yang suhu airnya sekitaran 32 derajat Celcius. Selekasnya angkat Si Kecil dari kolam renang bila Anda lihat badannya mulai menggigil. Segera hangatkan badannya dengan handuk. Selain handuk anda juga bisa menggunakan perlengkapan bayi baru lahir yang lainnya seperti minyak telon dan baju hangat yang dapat menghangatkan tubuhnya
  2. Yakinkan ketinggian air kolam renang menjangkau pundaknya. Hal semacam ini dapat melindungi badannya supaya tetaplah hangat serta mempermudahnya bergerak di air.
  3. Air pada kolam renang umum umumnya memiliki kandungan klorin. Bila Si Kecil mempunyai kulit kering atau eksim, dianjurkan untuk waspada atau tanyakanlah ke dokter apakah klorin dapat beresiko negatif kepadanya, umpamanya dapat menyebabkan iritasi. Disarankan untuk selekasnya memandikannya selesai berenang supaya zat kimia yang terdapat pada air kolam renang tidak menghematasi kulitnya.
  4. Kolam renang umum dipenuhi oleh beberapa orang dengan keadaan kesehatan serta kebersihan yang beragam macam. Anda tidak paham apakah mereka buang air kecil didalam kolam renang atau tengah menanggung derita penyakit spesifik. Bayi yang masih tetap kecil belum juga dapat mengontrol kepalanya dengan baik. Hal semacam ini sangat mungkin dia menelan banyak air yang dipenuhi kuman. Oleh karenanya, berenang waktu sepi serta di kolam yang bersih begitu disarankan bila Anda mengajak bayi ke kolam renang umum manfaat meminimalisasi menelan air penuh kuman.

Bila umur bayi Anda masih tetap dibawah 6 bulan, dianjurkan kenalkan aktivitas berenang ini lewat media kolam renang plastik apabila di daerah Anda tidak ada kolam spesial bayi.

Sebelumnya isi air, yakinkan sisi dalam kolam renang plastik bersih dari kotoran. Bersihkan semua badan Si Kecil dengan sabun sebelumnya berenang di kolam renang plastik. Hal semacam ini dikerjakan supaya air tidak bercampur dengan kuman yang melekat pada badannya. Sesudah penggunaan, bersihkan kolam renang plastik serta biarlah jadi kering. Bila telah jadi kering dengan prima, jemur dibawah cahaya matahari paling tidak selama-lamanya 4 jam.

Persiapan Sebelumnya Mengajak si Kecil Berenang

Ada banyak hal yang butuh Anda buat persiapan supaya Si Kecil nyaman bermain-main di air.

  1. Janganlah mengajak Si Kecil berenang bila dia tengah sakit, termasuk juga diare serta flu berat. Tunggulah sampai 10 hari sesudah keadaannya betul-betul lebih baik.
  2. Pakai popok spesial untuk berenang. Popok type ini tidak basah bila terserang air, namun tidak anti bocor. Selekasnya ganti popok bila si Kecil sudah buang air kecil atau besar supaya kotorannya tidak bocor dari popok.
  3. Bila sebelumnya berenang Anda memberikannya makan, janganlah segera membawanya ke kolam renang. Tunggulah dahulu sepanjang 60 menit.

Saat membawa Si Kecil ke kolam renang bayi, yakinkan Anda senantiasa ada di sisinya. Jagalah senantiasa pandangan Anda supaya Si Kecil tidak alami beberapa hal yang membahayakan dianya, seperti terbenam. Janganlah sangat lama biarkan didalam air, terlebih waktu kunjungan pertama. Saat yang dianjurkan supaya Si Kecil aman ada didalam air yakni 10 – 15 menit. Janganlah lebih dari periode saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *