Dakwah kaos dari ibukota t-shirt

Sore hari yang sejuk di Bandung. Usai mandi, seorang bocah perempuan 10 tahun menggunakan legging dengan kaos bergambar karikatur gajah ekor tipis. Dia berlari keluar rumah untuk bertemu temannya yang seumuran dengannya.

teman sang gadis mungil memuji kaos yang dipakainya. Dan dia kemudian tersenyum.

Sang gadis cilik lalu menjelaskan kepada temannya tersebut, tentang gambar gajah di kaosnya. Senyum sang gadis masih mengembang. Dengan lancar, dia Menjelaskan arti surat Al Fiil. Kami menyediakan vendor kaos polos di clambykaospolos.

Erick Yusuf sang penggagas kaos tersebut, bangga. Dakwah yang ingin dicapai lewat kaos telah mengena sasaran. Di kantor, sekaligus counter, di kawasan Surapati, banyak ditemui kaos dakwah dengan berbagai gambar yang lucu.

Ide membuat kaos dakwah ini, kata Erik, berawal dari kerisauan untuk menemukan media alternatif dalam berdakwah. 2 tahun lalu bersama beberapa temannya selain melakukan dakwah dengan menambahkan multimedia misalnya kemudian melakukan semacam brainstorming.

Dari perbincangan tersebut muncul keprihatinan bersama pada gaya anak muda Bandung dalam berpakaian kaos. Yang Erik risaukan bukan kaosnya, namun gambar dan tulisan yang tertera. Misalnya, kaos yang bergambar tengkorak dengan tulisan ‘ go to hell’.” saya sedih,” tutur Eric yang juga arranger musik dksb (depot kreasi seni Bandung) pimpinan almarhum Harry roesli.

Dari situlah ide berdakwah lewat kaos itu muncul. Namun, erik dan teman-temanya, bingung. Akan dimulai dari mana dakwah lewat kaos tersebut? Dia ingin anak muda dapat gaya tapi segaligus berdakwah. Nah, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Ide kreatif kaos dapat datang dari mana saja. Bisa berawal dari ayat, bisa bermula dari gambar, atau pun bahkan plesetan gambar dari brand yang sudah akrab di masyarakat.

Seperti itulah. Untuk urusan kreativitas, bandung, boleh jadi tempatnya. Apalagi untuk urusan kaos. Bandung tidak hanya ibukota Priangan. Akan tetapi Bandung juga ibukota kaos.

Kaos made in Bandung dikenal hingga di seantero nusantara. Jadi, tidak sulit untuk Erik menemukan kreativitas, apalagi bahan baku kaos.

Sekarang, dia sudah menghasilkan puluhan kaos dakwah. Ada yang bertuliskan haram suuzon, muslim peace dengan plesetan gambar brand sebuah motor gede. Ada plesetan logo Superman dengan huruf s diganti dengan angka 5 serta bertuliskan sholat 5 waktu, dan ada logo Manchester United menjadi muslim Union. Kunjungi juga di jual kaos polos lengan panjang clambykaospolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *