Perbedaan Gamis Kaftan & Abaya

Perbedaan Gamis Kaftan & Abaya

bagi sebagian para wanita yang mengenakan hijab boleh jadi mereka sudah tidak asing lagi oleh baju, kaftan serta abaya. ketiga jenis dari busana tersebut memang yakni busana yang sering dipakai dan diminati oleh wanita-wanita yang berhijab, selain desain modelnya yang simple, sama bentuk nya yang lebar dan tidak membentuk tubuh. ketiga jenis dari busana bersebut ternyata tersedia dalam berbagai ragam variasi dan model.

meskipun model dari ketiga jenis busana ini pada umumnya ialah sederhana, namun dengan penambahan detail serta aksen yang begitu beragam, maka baju seri baju ini masih tetap mencengangkan dan tidak terlihat monoton. contohnya seperti pemanfaatan motif bahan yang bervariasi dan penambahan aksen renda, payet, maupun dur yang akan membuat gamis, abaya, serta kaftan tetap menjadi salah satu busana favorit para perempuan muslimah. kelihatannya banyak dari kami yang kalang-kabut dan bertanya-tanya tentang apa yang menyeleksi dari ketiga jenis busana tersebut.

pada umumnya busana mukminat model gamis, abaya dan kaftan bila dilihat sekilas sepertinya bentuknya tidak jauh berbeda, karena ketiga jenis busana ini sama-sama memiliki panjang dan longgar yang memblokir tubuh. model pada busana gamis biasanya akan berbentuk semacam dress yang panjang dan longgar. sementara abaya adalah sepotong busana panjang yang biasa digunakan di luar atau di atas baju. model abaya pun hampir mirip seperti dress yang longgar dan beberapa lainnya seperti jubah panjang.

ternyata kaftan pula memiliki model yang sama seperti dress longgar yang hanya saja bentuknya lebih menyerupai huruf t, lebar pada bagian pundak dan lengan serta akan ada bagian yang mengkerut pada bagian kaki dimana yang biasa pada bagian pinggang ke perut yang sering ada penambahan pada aksen seperti batu-batuan dan manik-manik. bersama model bagian depan kaftan yang sangat lebar dan longgar sehingga kalau kamu ingin memakai kaftan sebaiknya gunakan pulang busana – hijab bolak balik – dalam panjang untuk memastikan agar tidak terlihat bagian tubuh dari sel baju lainnya.

berikut perbedaan gamis dan abaya:
kemeja
apabila dilihat dalam sekilas ternyata gamis hampir menyerupai dengan kaftan. namun beberapa perbedaan yang paling mendasar pada baju mukmin privat ini adalah berdasarkan bentuk pakaiannya pada bagian tubuh yang tidak terlalu lebar serta beberapa hiasan yang dipakai tidak terlalu glamour. baju biasanya kebanyakana berbentuk jubah panjang yang bentuk pada bagian tubuhnya yang agak sedikit longgar pada bagian kerutan atau lekukan di bagian pinggang.

bentuk variasi dari baju adalah kemeja yang memiliki bahan dari kain batik. sama halnya seperti kaftan, karena bentuknya yang kurang simple, dan kemeja ini kurang kalau dipakai untuk pergi berkerja. gamis pada umumnya lebih biasa dipakai pada acara-acara tertentu seperti acrara-acara keimanan, menyertakan pesta pernikahan, atau kumpul-kumpul oleh keluarga khususnya pada hari umum.

kaftan
untuk sejenis busana mukmin ini tentunya sudah jelas akan ada perbedaaan antara kaftan sama abaya. kaftan yaitu salah satu jenis busana yang kondang pada zaman kerajaan persia kuno yang yakni variasi dari jenis tunik, namun jenis busana mukminat kaftan ini sudah jelas menghadapi perubahan yang sangat pesat. untuk belahan pada kaftan biasanya berbentuk kotak, namun pada kali ini semakin banyak variasinya. selain berbentuk kotak, namun ada pula yang tampil bersama pengaruh gelembur atau draperi bersama memberi siluet pada pinggang sebagai opsi masa kini. biasanya dibikin atas bahan yang ringkas seperti silk, sifon atau katun, dan bagian lengan meluas.

abaya
abaya yakni jenis baju yang berasal dari timur tengah. abaya atau kadang-kadang yang sering disebut seperti aba sendiri yang artinya apabila diartikan ke dalam bahasa indonesia adalah baju yang sederhana, longgar, atau baju yang lebar. pada dasarnya abaya yaitu sejenis gaun jubah seperti yang dikenakan oleh wanita-wanita di beberapa negara islam pada bagian timur tengah termasuk di afrika utara dan semenanjung arab. Lihat Jilbab Bolak Balik

bahan yang digunakan untuk membuat abaya ini ialah bermacam-macam, tergantung menurut selera sang pereka cipta. mayoritas abaya biasanya terbuat dari bahan yang berbahan dasar katun, dan pada umunnya gamis abaya yang beredar di indonesia telah memiliki beberapa tambahan pernak pernik atau sejenis aksesories berwujud payet atau bordir-bordiran dan renda-renda, tergantung dari para pereka cipta

ketiga jenis dari busana orang islam tersebut sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi para muslimah. karena soalnya selain model desainnya yang memukau dan tidak ketinggalan zaman. keistimewaan model-model dari baju ini yaitu meruak dan tidak akan menunjukkan bentuk siluet tubuh kamu.

demikianlah beberapa perbedaan baju kaftan dan abaya. semoga dapat berguna, serta mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini sehingga mampu menjadi seorang perempuan muslimah yang santun, terhindar dari perbuatan negatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *