Ilmu Gelembung

Sabun Gove

Ilmu Bubble
Pelajari Ilmu Bagaimana Bubbles Bekerja

Gelembung itu indah, menyenangkan, dan mempesona, tapi tahukah Anda apa itu dan bagaimana kinerjanya? Inilah yang melihat ilmu di balik gelembung.

APAKAH BUBBLE?
Gelembung adalah film tipis air bersabun. Sebagian besar gelembung yang Anda lihat dipenuhi udara, namun Anda bisa membuat gelembung menggunakan gas lain, seperti karbon dioksida. Film yang membuat gelembung itu memiliki tiga lapisan. Lapisan tipis air terjepit di antara dua lapisan molekul sabun.

Setiap molekul sabun diorientasikan sehingga kepala polar (hidrofilik) menghadap ke air, sementara hidrokarbon hidrofobiknya menjauh dari lapisan air. Tidak peduli apa bentuk gelembung awalnya, ia akan mencoba untuk menjadi sebuah bola. Bola adalah bentuk yang meminimalkan luas permukaan struktur, yang membuatnya berbentuk yang membutuhkan energi paling sedikit untuk dicapai.

APA YANG TERJADI KETIKA DAGING BERBICARA?
Saat tumpukan gelembung, apakah bola tetap? Tidak – saat dua gelembung bertemu, mereka akan menggabungkan dinding untuk meminimalkan luas permukaannya. Jika gelembung yang ukurannya sama memenuhi, maka dinding yang memisahkannya akan rata. Jika gelembung yang berbeda ukurannya memenuhi, maka gelembung yang lebih kecil akan menggembung ke dalam gelembung besar. Bubbles bertemu untuk membentuk dinding pada sudut 120 °. Jika cukup gelembung bertemu, sel akan membentuk segi enam. Anda bisa melihat mengamati struktur ini dengan membuat cetakan gelembung atau dengan meniup gelembung di antara dua piring bening.

BAHAN BERBASIS SOLUSI BUBBLE
Meskipun gelembung sabun secara tradisional terbuat dari sabun (tebakan Anda), sebagian besar larutan gelembung terdiri dari deterjen dalam air. Gliserin sering ditambahkan sebagai ramuan. Deterjen membentuk gelembung dengan cara yang sama seperti sabun, tapi deterjen akan membentuk gelembung bahkan di air keran, yang mengandung ion yang bisa mencegah pembentukan gelembung sabun.

Sabun mengandung kelompok karboksilat yang bereaksi dengan ion kalsium dan magnesium, sementara deterjen kekurangan pada kelompok fungsional tersebut. Gliserin, C3H5 (OH) 3, memperpanjang umur gelembung dengan membentuk ikatan hidrogen yang lebih lemah dengan air, memperlambat penguapannya.

Sabun Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *