Kiat Hidup Sukses Ala Samurai

Pada waktu pemerintahan periode Heian yang berlangsung dari tahun 794 hingga 1185 Masehi, pasukan pengawal para gubernur Jepang dikenal dengan sebutan samurai. Para samurai yang sudah mendalami berbagai disiplin ilmu lain diluar seni pedang, muali menuliskan ciri-ciri ideal seorang samurai yang akhirnya menghasilkan hukum samurai yang dikenal dengan nama Bushido.

Hukum ini mengatur tiap-tiap segi kehidupan beberapa samurai. Dari mulai kewajiban meningkatkan ketrampilan olah pedang, kenakan pakaian, berperilaku, sampai menyiapkan kematian diri terima kematian yang dapat datang setiap saat.

Sebagian ciri-khas dari beberapa samurai bisa kita menjadikan contoh jadi motivasi kita untuk mencapai keberhasilan.

1. Integritas Mutlak

Integritas diri punya pengaruh pada kwalitas kepribadian diri seorang. Hal semacam ini tercermin dalam kode etik yang membuat ciri-khas beberapa samurai. Seperti yang ditulis oleh Inazo Natobe dalam bukunya, Bushido : The Soul of Japan, kalau basic dari kode etik golongan samurai yaitu keadilan. Kalau tak ada yang lebih menjijikkan untuk seseorang samurai terkecuali kelicikan, kezhaliman, dan ketidakadilan. Golongan samurai begitu menjunjung tinggi kedisplinan, kejujuran, kesetiaan, kegigihan serta ketekunan.

Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia, integritas yaitu kualitas, sifat, kondisi, yang tunjukkan kesatuan yang utuh hingga mempunyai potensi serta kekuatan yang pancarkan kewibawaan dan kejujuran. Beberapa orang yang mempunyai prinsip dalam berlaku, bertanggungjawab, jujur serta bisa diakui, yaitu mereka yang mempunyai integritas dalam dianya. Dengan menegakkan integritas dan memegang teguh standard moral yang berlaku dalam orang-orang, jadi kita sudah berusaha untuk mencapai kwalitas kehidupan yang tambah baik.

2. Cermati Tiap-tiap Detail

Memerhatikan beragam detil hal kecil tempati posisi tertinggi dalam daftar latihan beberapa samurai era ke-4 belas serta ke-5 belas. Dalam risalah salah seseorang legenda samurai paling hebat dalam histori Jepang, Miyamoto Musashi, mengutamakan perlunya memerhatikan bebrapa detil kecil jadi segi paling perlu dalam memenangi tiap-tiap pertarungan serta mencapai keberhasilan. Beberapa samurai memperlakukan beberapa hal besar dengan umum serta perlakukan beberapa hal kecil dengan serius.

Beberapa orang alami kegagalan karna relatif meremehkan beberapa hal kecil, atau tidak berusaha mengerti kalau beberapa hal kecil dalam aksi mereka yaitu penentu dalam mencapai keberhasilan.

Baca Juga: Kata kata mutiara

3. Janganlah Sempat Berhenti Belajar

Golongan samurai mempunyai argumen kenapa mereka memerlukan rencana evaluasi seumur hidup. Ini karna mereka mesti terus-terusan mengasah ketrampilan fisik serta mental mereka sepanjang mereka jadi kesatria, karna hidup mereka tergantung pada ketrampilan itu. Pada era ke-5 belas, bersamaan dengan lahirnya kode etik samurai, beberapa samurai juga diwajibkan untuk kuasai ketrampilan dalam bagian sastra serta beragam kesenian yang lain. Karna pengetahuan mereka pada ke-2 hal tersebut jadi sisi perlu untuk status moral serta sosial mereka.

Hal semacam ini jadi saran perlu untuk kita. Dengan selalu belajar serta memperkaya diri dengan pikiran, kita bisa gampang menyesuaikan dan meningkatkan ketrampilan seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *