Informasi Lengkap Dan Sejarah Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Gunung Kidul memiliki banyak wisata air terjun yang unik dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah air terjun Sri Gethuk. Wisata air terjun ini memiliki pesona alam yang memukau serta sejarah wisata yang menarik untuk diketahui. Kami akan menjelaskan informasi wisata serta sejarah air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, dalam artikel kali ini.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk memiliki pesona keindahan alam yang unik yaitu mirip dengan pesona alam air terjun Grand Canyon di utara Arizona Amerika Serikat. Lokasi air terjun Sri Gethuk terletak di desa Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul. Wisata Air terjun ini memang masih baru, namun cukup populer pada kalangan para pecinta alam.

Pesona alam keindahan air terjun Sri Gethuk ialah bebatuan tersusun dengan rapi serta memiliki air sungai yang bening, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan berenang bermain air. Uniknya air terjun Sri Gethuk Yogyakarta tidak pernah mengalami pengurangan debit air sungai, baik ketika musim kemarau terlebih ketika musim hujan.

Indah serta jernihnya air sungai dimiliki air terjun Sri Gethuk, mengalir diantara tebing yang tinggi dapat mengingatkan dengan keindahan ekosistem di Green Canyon di Ciamis Jawa Barat. Apabila beruntung wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan pelangi yang melintasi tepat diantara di air terjun Sri Gethuk.

Seperti wisata pada umumnya, wisata air terjun ini juga memiliki sejarah atau mitos yang unik. Sejarah air terjun Sri Gethuk berasal dari nama Kethuk, Kethuk merupakan alat instrumen gamelan yang dimiliki oleh jin Anggo Maduro, pada dahulu kala hingga saat ini masih disimpan di lokasi wisata. Konon warga sekitar kandang mendengar adanya suara gamelan dari arah air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *