Tips Menyesuaikan Pemakaian Jenis Sabun Untuk Berbagai Tipe Kulit

Sabun merupakan bahan pembersih kulit yang terbuat dari campuran kimia lemak, minyak serta juga asam lemak dan zat basa. Tipe serta kandungan yang terdapat pada sabun umumnya dipengaruhi oleh kombinasi komposisi serta bahan kimia utama pembuatan sabun tersebut sendiri. Tidak sedikit rasanya diantara kita yang memilih sabun mandi asal-asalan, atau berdasarkan prefensi bahkan kadang juga karena pengaruh dari iklan. Nah, padahal pemilihan jenis sabun seharusnya jadi perhatian yang penting untuk kita semua. Ada banyak jenis-jenis sabun yang di pasaran, dan masing-masing jenis tentunya terdapat perbedaan kandungan di dalamnya. Jadi hal yang penting untuk memilih jenis sabun yang akan kita gunakan tidaklah lain tujuannya adalah agar sabun dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit kita.

Kulit yang sehat, bersih, segar dan terawat rasanya tidak lepas dari pemilihan jenis sabun yang juga tepat diantara cukup banyaknya jenis-jenis sabun yang ada. Pemilihan sabun antara untuk jenis kulit kering dan untuk jenis kulit berminyak terdapat perbedaan. Sabun yang disarankan untuk kulit berminyak tidaklah jauh-jauh dari kandungan di dalam sabun yang dapat meminimalisir produksi minyak dan mencegah cepatnya perkembangbiakan bakteri di kulit. Nah, jika jenis sabun tersebut digunakan pada pemilik jenis kulit kering, tentunya kandungan minyak akan semakin terserap dan hanya akan membuat kulit kering semakin kering dan kekurangan nutrisi.

Tips Memilih Jenis Jenis Sabun Yang Bagus dan Aman Untuk Kulit

tips memilih jenis jenis sabun untuk kulit anda

Tips dalam memilih sabun yang sesuai dengan tipe kulit kita diantara cukup banyaknya jenis-jenis sabun yang ada, tips pertama adalah kenali dahulu tipe kulit kita apa. Dimulai dari kulit kering, ciri umum jenis kulit kering ialah permukaan kulit nampak kusam dan kasar, tekstur kulit juga kurang kenyal serta pori-pori kulit tidak terlihat. Kulit berminyak, ciri-cirinya adalah nampak kadar minyak di kulit berlebih, tekstur kulit cenderung kenyal. Lainnya, yakni kulit sensitif, jenis kulit yang mudah mengalami masalah seperti iritasi berupa gatal-gatal, perih, kulit kemerahan, maupun kusam. Satu lagi adalah kulit kombinasi. Untuk jenis kulit kombinasi ciri-cirinya adalah sebagian area kulit berminyak, terlebih alah di daerah hidung, dagu, dan juga dahi. Akan tetapi sebagian lagi kulit kering, kebanyakan di area sekitar pipi dan mata.

Untuk tipe kulit kering, jenis sabun yang direkomendasikan untuk dipakai adalah yang mengandung pelembab alami. Selain itu juga bantu dengan pemakaian bahan perawatan lainnya seperti pelembab lainnya seusai mandi. Pemilik kulit kering tidak disarankan untuk mandi dengan air panas agar produksi minyak tidak semakin berkurang dan meminimalisir terjadinya peradangan pada kulit kering. Jenis sabun cair bisa dipilih untuk memberikan kelembaban pada jenis kulit kering. Kemudian untuk kulit berminyak, sabun yang direkomendasikan untuk dipilih diantara jenis-jenis sabun yang ada adalah sabun yang dapat efektif membunuh bakteri di kulit. Contoh sabun anti bakteri dan kuman adalah Lifebuoy. Pemilik kulit berminyak cenderung mudah jadi tempat perkembangbiakan bakteri. Sehingga pemilihan sabun anti bakteri dan juga yang berbahan lembut direkomendasikan. Bisa juga memilih jenis shower gel. Shower gel pun salah satu jenis sabun yang diproduksi oleh Lifebuoy diantara berbagai jenis-jenis sabun kesehatan yang diproduksi.

Sementara untuk kulit sensitif, pemilihan jenis sabun yang tepat adalah yang terbuat dari bahan-bahan alami, tidak mengandung detergen dan juga mengandung sedikit atau tanpa pewangi. Natural soap ataupun jenis sabun bayi adalah contoh sabun yang bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kandungan pH pada sabun yang akan digunakan. Pilih sabun yang mengandung pH balance alias pH yang seimbang. Untuk jenis kulit kombinasi sendiri, pada bagian yang berminyak, anda memerlukan sabun yang didalamnya terdapat kandungan benzoyl peroxide dan memilih sabun dengan kandungan pelembab yang bagus untuk dipakai di area kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *